Kolam Terpal Bulat

Dalam usaha budidaya ikan, pembenihan merupakan bagian yang sangat penting karena keberhasilan suatu usaha budidaya sangat dipengaruhi oleh kualitas benih yang dihasilkan apabila didukung dengan tempat yang digunakan, yaitu dengan kolam terpal bulat. Sebagian besar para pembudidaya ikan menyukai kolam terpal bulat sebagai temat budidaya.

Kolam terpal bulat adalah kolam dasar yang sisi dindingnya terbuat dari plastik. Kolam terpal buat dibuat dengan teknologi khusus dimana setiap bagian dari terpal tersebut di design agar air tidak dapat meresap atau bocor dengan kualitas super dan mutu terjamin.

Kelebihan Kolam Terpal Bulat

Ada beberapa kelebihan kolam terpal bulat dibandingkan dengan kolam terpal jenis lainnya, antara lain sebagai berikut :

Ikan yang dihasilkan tidak berbau lumpur

Para konsumen relatif menyukai ikan yang tidak berbau lumpur. Terpal bulat yang digunakan pada kolam terpa tentunya menjadi barrier antara air dengan tanah secara langsung, dengan begitu ikan yang dihasilkan tidak berbau lumpur.

Menurunkan kemungkinan adanya hama dan penyakit

Budidaya ikan di kolam terpal bulat cenderung jarang terkena hama dan penyakit sebab kolam terlindungi dari tanah langsung yang bisa saja terdapat hama dan penyakit.


Cocok diaplikasikan di daerah yang kurang air

Tanah di daerah yang kurang air biasanya memiliki kemampuan menahan air yang sangat rendah, air hujan yang mengenai tanah langsung diserap ke dalam tanah dan sulit membentuk genangan ataupun kolam.

Solusi yang dapat kita ambil yaitu dengan menggunakan kolam terpal bulat. Air ditahan oleh terpal sehingga dapat membentuk suatu kolam untuk budidaya ikan. Jadi, bagi Anda yang tinggal di daerah pesisir atau tempat kering lainnya masih dapat melakukan budidaya ikan asalkan punya pasokan air bagi kolam Anda.

Panen ikan lebih mudah

Kolam terpal bulat memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. hal tersebut mempermudah dalam proses pemanenan ikan. Selain itu, kandungan lumpur pada kolam juga mempermudah pemanenan.

Padat tebar benih ikan lebih tinggi, kanibalisme menurun

Kolam terpal bulat mudah dibersihkan sehingga tidak ada penumpukkan kotoran ikan dan sisa-sisa pakan ikan di dasar kolam. Jika terdapat penumpukkan kotoran dan sisa-sisa pakan ikan dihasilkn ammonia dan hydrogen sulfide yang bersifat toksik bagi ikan.

Akibatnya, ikan enggan untuk bergerak karena ruang geraknya terbatas. Berbeda dengan kolam terpal bulat yang tidak ada penumpukkan kotoran dan sisa-sisa pakan ikan, ruang gerak ikan menjadi lebih luas dan ikan bebas bergerak kemana saja.

Kelangsungan hidup ikan lebih tinggi

Perawatan kolam terpal bulat sangat mudah yang menjadi barrier dari tanah secara langsung menjadikan kolam terpal bulat ini mendukung kelangsungan hidup ikan dengan baik.

Pemeliharaan kolam terpal bulat lebih cepat dan mudah

Meski kolam tanah memiliki sistem alami sebagai pembersih kolam, namu sulit dipungkuri sistem alami tersebut nantinya akan kehilangan performanya dan pada akhirnya kolam ikan tetap kotor juga dan perlu pembersihan. Akan lebih sulit dibersihkan bila ada lumpur lain halnya dengan kolam terpal yang mudah dalam pengerjaannya. Pembersihan dan pengeringan kolam menjadi lebih mudah.

Itulah informasi dari kami tentang kolam terpal bulat. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda ingin budidaya ikan menggunakan kolam terpal bulat ?

Kami menawarkan berbagai macam jenis kolam terpal bulat mulai dari ukuran diameter yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Untuk pemesanan kolam terpal bulat silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-kolam-terpal-bulat/

  









0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya