Sistem hidroponik merupakan sistem penanaman yang tidak perlu menggunakan banyak media tanah tetapi memanfaatkan air bernutrisi yang diperlukan oleh tanaman sebagai pengganti media tanah. Untuk medianya bermacam-macam mulai dari sabut kelapa, rock wool, batu bata, dan masih banyak lagi. Tanaman hidroponik dapat tumbuh 30 – 50 persen lebih cepat dari pada tanaman tanah, hal ini disebabkan karena kandungan oksigen ekstra di media pertumbuhan membantu merangsang pertumbuhan akar dan membantu tanaman untuk menyerap nutrisi lebih cepat.

Dengan menanam menggunakan metode hidroponik akan efisien dalam mengeluarkan biaya perawatan karena metode ini bebas dari serangga hama, jamur, dan penyakit. Hidroponik juga memiliki kelebihan dalam menghemat air hingga 95% dengan menerapkan hidroponik maka akan lebih sedikit pestisida yang akan digunakan pada tanaman. Dari kelebihan yang dimiliki oleh sistem hidroponik sehinga banyak orang yang menggemari sistem hidroponik ini.

Metode yang dianjurkan untuk menanam selada salah satunya sengan sistem NFT. Sistem ini sering digunakan karena tidak membutuhkan banyak perawatan maupun penyiraman memiliki kapasitas produksi paling banyak dengan nilai investasi yang terjangkau. Cara menanam selada dengan sistem hidroponik NFT, sebagai berikut :

Pertama, siapkan bibit selada yang unggul.

Untuk mendapatkan benih selada, Anda bisa membeli di toko kami. Dengan bibit yang berkualitas harapan untuk mendapatkan produksi selada yang sehat dan berkualitas semakin tinggi.

Kedua, siapkan media tanam.

Apabila bibit selada sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah persiapan media tanam. Berikut ini adalah syarat tumbuh dari selada yang perlu dipersiapkan untuk menanam selada agar dapat tumbuh optimal :

  • ·         Ketinggian lahan tanam berada di ketinggian 500 sampai 2000 mdpl.
  • ·         Suhu udara sejuk pada kisaran 15 sampai 20 derajat Celcius.
  • ·         pH larutan nutrisi 6,0 sampai 6,8.
  • ·         Intensitas cahaya matahari cukup.
  • ·         Cuaca cerah dan tidak terlalu banyak awan.

Setelah memenuhi segala syarat tumbuh yang diperlukan tanaman, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menentukan media tanam yang sesuai dengan kebutuhan anda, berikut ini referensi untuk memilih media tanam yang sesuai dengan kebutuhan anda:

  • Rockwool

Rockwool merupakan salah satu pilihan media pertumbuhan yang paling digemari. Rockwool dihasilkan dari batu vulkanik dn batu kapur yang dilelehkan pada suhu lebih dari 2500 kemudian dituangkan ke atas silinder pemintal, seperti membuat permen kapas, kemudian ditekan menjadi kubus yang sama besar.

Rockwool memiliki kemampuan untuk menyimpan air 10 – 14 kali lebih banyak daripada tanah dan dapat mempertahankan 20 persen udara untuk tempat bernapasnya akar. Sehingga dapat digunakan di hampir semua sistem hidroponik. Hal yang perlu diperhatikan adalah Rockwool memiliki pH 7,8 sehingga dapat menaikkan Ph larutan nutrisi.

  • Perlite, Vermiculite dan Pasir

Perlite, vermiculite dan pasir merupakan pilihan media yang sangat murah dan bekerja dengan baik dalam sistem sumbu, meski buka medium pertumbuhan yang paling efektif. Ketiga media ini stabil dan jarang mempengaruhi Ph larutan nutrisi. Namun cenderung menahan terlalu banyak kelembaban dan harus digunakan dengan tanaman yang toleran terhadap kondisi ini.

Ketiga, siapkan wadah sebagai waduk nutrisi.

Wadah penyimpanan besar

Wadah yang digunakan merupakan wadah penyimpanan besar atau tangka digunakan sebagai reservoir nutrisi untuk selada. Pilih wadah dengan luas permukaan yang besar, tetapi harus dipastikan juga paling tidak 20 cm dalamnya agar akar tanaman bisa tumbuh ke bawah tanpa masalah. Jangan gunakan wadah logam sebagai reservoir nutrisi selada. Logam bisa menimbulkan korosi atau oksidasi, sehingga melepaskan bahan kimia yang bisa mengganggu pasokan nutrisi ke tanaman selada.

Pompa akuarium

Kemudian, pompa akuarium untuk memberikan aerasi yang diperlukan harus memiliki pompa udara yang menciptakan gelembung udara sehingga air di waduk dapat memberikan oksigen pada akar tanaman selada dapat bernafas.

Waduk dengan campuran nutrisi hidroponik dan air

Menyediakan waduk dengan campuran nutrisi hidroponik dan air. Kominasi nutrisi hidroponik dapat dibeli toko perkebunna yang khusus untuk menanam tanaman hidroponik. Selada biasanya membutuhkan kadar potassium, kalsium dan magnesium yang tinggi.

Seperti halnya budidaya tanah, sistem hidroponik dapat dilakukan dengan menggunakan nutrisi organik atau kimia. Sistem hidroponik organik jauh lebih banyak yang perlu dipelihara.

Keempat, proses pembibitan selada.

Sebelum menggunakan sistem hidroponik, harus menggunakan media tanam rockwool atau cocopeat untuk menciptakan lingkungan awal yang stabil bagi tanaman selada. Lalu isi media tanam dengan benih selada di tepat pemyemaian atau baki.Benih selada biasanya tumbuh atau mulai berkecambah setelah berumur 3 – 4 hari lakukan penyiraman yang disemai secara teratur.

Kemudian, bibit dibiarkan tumbuh di persemaian hingga berumur 17 hari. Pada usia ini bibit biasanya sudah memiliki daun sebanyak 4 – 5 helai, yang menandakan bahwa bibit sudah siap untuk dipindahkan ke media atau lahan yang lebih permanen. Untuk mendapatkan bibit yang sehat, bibit harus diberi air setiap hari dan disimpan ditempat sejuk dan terang dengan suhu antara 18 – 27 karena selada merupakan tanaman yang tumbuh lebih baik di lingkungan yang lebih dingin.

Transplantasi bibit selada ke reservisor, pindahkan bibit salad ke net pot. Sejajarkan masibg-masing net pot dengan lubang yang dibuat lalu letakkan reservoir. Siklus hidup pompa dan perawatan listrik harus tetap dijaga untuk menghindari kegagalan sistem, dimana akar bisa mongering dengan cepat saat aliran berhenti.

Kelima, proses panen selada.

Setelah 5 – 6 minggu, tanaman selada tumbuh penuh dan siap dipetik untuk dikonsumsi. Untuk memastikan bahwa tanaman selada tetap sehat dalam jumlah besar, pilihlh daun luar dan biarkan beberapa bagian dalam menempel pada tanaman. Untuk menggnti daun luar tidak akan membutuhkan waktu yang lama bagi daun selada.

Itulah informasi dari kami tentang cara menanam sayur selada dengan sistem hidroponik. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda ingin menanam sayuran dengan polybag atau sistem hidroponik ?

Kami menawarkan berbagai macam paket benih sayuran beserta polybag dan instalasi hidroponik.

Untuk pemesanan paket benih sayuran  silahkan kunjungi https://indosuplai.com/paket-benih-sayuran/

Untuk pemesanan paket instalasi hidroponik silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-paket-instalasi-hidroponik/

 

 

 

 

 

 


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya